Kamis, 12 April 2012

Biografi Syaikh Utsaimain


Beliau adalah Abu ‘Abdillah Muhammad bin Sholeh bin Muhammad bin Sulaiman bin ‘Abdirrohman Al Utsaimin Al Wuhaibi At Tamimi. Beliau lahir pada tanggal 27 Ramadhan 1347 H di desa unaizah, salah satu tempat di daerah Qasim Saudi Arabia. Beliau menikah dengan seorang wanita dan dikaruniai 8 orang anak, 5 laki-laki dan 3 perempuan. Nama anak laki-laki beliau adalah : Abdullah, Abdurrohman, Abdul ‘aziz, Abdu zuhaim, dan Ibrahim, sedangkan nama-nama anak perempuan tidak di sebutkan.
Beliau mengikuti jejak para salafus sholeh dalam menuntut ilmu. Beliau mulai menghafal al quranul karim sejak masih kecil dan belajar membaca al quran dengan kakeknya dari jalur ibu yang bernama Syaikh Abdurrohman bin Sulaiman Ad Dhamigh rahimahullah. Kemudian beliau terus melazimi untuk menuntut ilmu dengan seorang mufasir yang bernama Syaikh Abdurrohman bin Nashir As-Sa’adi yang mana beliau adalah guru pertama Syaikh Utsaimin. Syaikh Utsaimin mengatakan bahwa Syaikh Abdurrohman As-Sa’adi banyak memberikan pengaruh pada saya dalam metode pembelajaran, memaparkan ilmu serta pendekatan kepada para murid melalui contoh-contohndan substansi-substansi makna. Syaikh Abdurrohman As-Sa’adi adalah orang yang memiliki akhlaq yang agung dan mulia, sangat mendalam ilmunya dan tekun dalam beribadah.Syaikh Abdurrohman As-Sa’adi adalah orang yang paling baik akhlaqnya yang pernah saya lihat.
Beliau juga menekuni dan mendalami ilmu di bidang tafsir, hadits, tauhid, fiqh, ushul fiqh, faraidh, dan nahwu. Dan diantara guru-guru beliau adalah : Syaikh Abdurrohman bin Ali bin ‘Audzan dalam bidang ilmu faraidh, Syaikh Abdur Razak ‘Afifi dalam bidang ilmu nahwu dan balaghoh, Syaikh Muhammad Amin bin Mukhtar Al Jakani As-Syanqithi, Syaikh Ali bin Muhammad As-Sholahi, Syaikh Muhammad bin Abdil Aziz Al-Muthowwa’ dan Syaikh Abdul Aziz bin Baz, yang mana beliau adalah guru kedua Syaikh Utsaimin setelah Syaikh Abdurrohman As-Sa’adi. Dari Syaikh Abdul Aziz bin Baaz beliau mempelajari Kitab Shohihul Bukhari dan beberapa kitab karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan juga kitab-kitab fiqih.
Banyak orang dari berbagai penjuru dunia berdatangan untuk menimba ilmu dari beliau. Dikarenakan ketsiqohan beliau akan sebuah ilmu, keahlian beliau dalam mengajar. Beliau memberikan perhatian yang sangat besar terhadap murid-muridnya. Beliau memberikan kasih sayang kepada mereka seolah-olah mereka   adalah anak kandungnya sendiri.
Beliau memberikan nasehat kepada murid-muridnya untuk bersungguh-sungguh mentaati pemimpin dalam ketaatan kepada Allah, mencintai-Nya, dan berdoa kepada-Nya, berhukum kepada hokum Allah,mendirikan syari’at-syari’at Allah, mengajak kepada kebajikan dan mencegah dari kemunkaran.Beliau sangat terkenal dengan akhlaqnya yang mulia, diantaranya : toleransi, berwibawa, tenang, dan hormat terhadap orang lain. Dimanapun beliau berada maka orang-orang pun akan segera berkumpul di sekeliling beliau untuk menanyakan suatu masalah ataupun meminta nasehat. Lalu beliaupun akan melayani satu persatu dari mereka dengan penuh perhatian dan kesabaran.
Namun, pada akhirnya beliau diuji dengan suatu penyakit yang mengantar beliau dalam menemui ajalnya.Beliau meninggal pada pukul 06.00 maghrib, pada hari rabu 15 Syawal 1421 H/ 10 Januari 2011 M di rumah sakit Jeddah dan di shalatkan pada hari kamis 16 Syawal 1421 H di Masjidil Haram  Dan pada saat itu usia beliau adalah 74 th lebih 18 hari. Semoga Allah merahmati beliau.

Beberapa karya Syaikh Utsaimin :
·         Fiqh Al Mar’ah Al Muslimah
·         Tanbihul Afham Syarhu ‘Umdatil Ahkam
·         Tafsir Juz ‘Amma
·         Fatawa Al Mar’ah Al Muslimah
·         Mushtalahul Hadits
·         Tashil Al-Faraidh
·         Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah
·         Al Ushul min Ilmil Ushul
·         Talkhis Alhamawiyah
·         Majalisu Ramadhan
·         Syarh Aqidah Washathiyah
·         Risalah Hijab
·         Risalah fii Sujud Sahwi
·         Risalah fii Aqsamil Mudayanah
·         Risalah fii Mawaqhitis Sholah
·         Risalah fii Qashris Sholah Lil Mubtaisin
·         Ushulut Tafsir
·         Min Musykilat As-Syayabab
·         Al Manhaj Lii Muridil Hajj wal Umroh
·         Tafsir Ayatul Kursi
·         Majmu’ul Kabir min Al Fatawa
·         Al Khilaf Bainal Ulama’, Asbabuhu wa Mu’aqifuna Minhu
Dan masih banyaklagi karya beliau yang lain dan jumlahnya lebih dari 40 buah. Diantaranya berupa Kitab dan Risalah. Insyaallah karya beliau akan dikodifikasikan menjadi satu kitab dalam Majmu’ul Fatawa war Rosaail.
Sekilas Rincian beberapa Kitab  karya Syaikh Utsaimin :
Kitab Fatawa Al Mar’ah Al Muslimah : Sebuah karya yang di susun oleh 8  ulama yang sudah sangat masyhur dengan kwalitas ilmu yang mereka miliki. Mereka adalah Syaikh Utsaimin, Syaikh Albani, Syaikh Sholih Fauzan, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Syaikh Abdurrohman Jibrin, Syaikh Bin Baaz, Syaikh Abdurrohman As-Sa’adi, dan Syaikh Muhmmad bin Ibrahim. Kitab ini berisitentang permasalahan-permasalahan fiqih yang berkaitan  dengan kaum wanita. Secara global membahas tentang Thoharoh, Mandi Besar, Tayamum, Haidh, Nifas, Sholat, Janaiz dan hukum penguburan, Zakat, Shoum, Haji, Nikah, Nusyuz dan hukum-hukumnya. Kitab ini berjumlah 615 hal dan diterbitkan oleh Darul Ibn Haisyam.
Tafsir juz ‘amma : Terdapat 349 haldan diterbitkan oleh Darul Bashiroh. Secara global Kitab ini mmembahas tentang penafsiran Surat Al Fatihah dan secara rinci menafsirkan semua surat dari juz 30.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar